Online

Kamis, 10 Januari 2013

Keistimewaan Hari Jumat


Keistimewaan Hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat, pada hari ini Adam diciptakan, pada hari ini (Adam Alaihissalam) dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari ini (HR Muslim no. 854)

HARI RAYA - Dan hari Jumat merupakan hari raya kita kaum Muslimin sesuai dengan hadist berikutnya :

Rasulullah SAW bersabda yg artinya: Wahai kaum muslimin, sesungguhnya saat ini (yaitu hari jumat) adalah hari yg dijadikan oleh Allah sebagai hari raya untuk kalian. Maka mandilah dan hendaklah kalian bersiwak (HR Thabraniy dalam Mujam Ash-Shaghir, dan dinilai shahiih oleh Syaikh Al-Albani)

HARI ISTIMEWA DISYURGA - Kelak di Syurga nanti ada keistimewaan dihari Jumat bagi para Hambanya yang shaleh penghuni Syurganya Allah SWT sesuai hadist :


Rasulullah SAW bersabda yg artinya: Naiklah para syuhadaa dan shiddiqin. dan para penghuni kamar-kamar surga kembali ke kamar-kamar mereka yang terbuat dari mutiara putih, tanpa ada keretakan dan aib, atau dari permata yaqut merah atau zamrud hijau. Kamar dan pintunya terbuat darinya. Sungai-sungai tak henti-hentinya mengalir dan buah-buahannya bergelatungan, dan didalamnya terdapat para istri dan pelayang. sehingga tidak ada yang lebih mereka nantikan, melebihi hari Jumat, agar mereka bisa semakin sering melihat Rabb mereka dan mendapatkan tambahan kenikmatan dari-Nya.
(H.r. Ibnu Abi Syaibah, Thabrani dalam Al-Ausath, Abu Yala dalam Al-Musnad, dikatakan syaikh al-albaaniy sanadnya hasan li ghayrihi dalam Shahiih at targhiib wat tarhiib no. 3761)

AMALAN JUM'AT DIANTARANYA - Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya, Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, Para sahabat berkata: Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah? Nabi bersabda: Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi. (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasai)

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya : Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat. (HR. Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menshahihkannya)


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls