Online

Kamis, 10 Januari 2013

Memilih Jodoh Menurut Islam

Memilih Jodoh Menurut Islam adalah keputusan penting yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Didalam Al-Qur'an ditulis yang artinya: "Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian [yakni laki-laki yang belum kawin atau wanita-wanita yang tidak bersuami, dibantu agar mereka dapat kawin] diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Alloh Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui)". (QS. An-Nuur, No. Surat: 24, Ayat: 32).

Allah menempatkan penekanan khusus pada pentingnya pernikahan dan perannya dalam kehidupan kita. Dan selain itu, ada juga hadist yang mengatakan nikah adalah sunnah rosul. Yang artinya: “Ada empat hal termasuk sunnah para Rosul; 1. Prawiro (malu melanggar), 2. Memakai minyak wangi, 3. Bersiwak/sikat gigi, 4. Menikah”. (HR. Tirmidzi). Selanjutnya, Yang artinya: “Adapun nikah itu sunnahku, barang siapa yang benci terhadap sunnahku maka dia bukanlah dari golonganku”. (HR. Bukhori).

Karena pernikahan dalam Islam adalah begitu penting, perlu untuk mencurahkan waktu yang berkualitas dan pertimbangan dalam memilih orang di mana Anda akan menghabiskan sisa hidup Anda. Disini akan kami paparkan Bagaimana Memilih Jodoh Menurut Islam.

Nabi bersabda Yang artinya:
Orang perempuan itu dinikahi karena empat hal:

1. Karena Hartanya ( yang banyak sertifikat )
2. Karena Keturunannya ( yang terhormat ) 
3. Karena Kecantikannya ( yang memikat )
4. Karena Agamanya ( yang ta’at )

Maka pilihlah orang perempuan yang mempunyai agama ( yang ta’at ) bila tidak kamu akan repot mengurusnya”. (HR. Bukhori).

Dari hadist tersebut diatas dapat kita pahami, bahwasannya Memilih Jodoh untuk dijadikan istri atapun suami adalah yang terpenting karena ketaatannya dalam beragama. Dan bagaimana kita dapat melihat ketaatan seseorang? Kalau di lihat secara kasat mata manusia, bisa diperhatikan misalnya dari akhlaqnya yang mulia, berbakti serta hormat kepada kedua orang tuanya, rendah hati dan khusyuk , istiqamah (teguh pendirian), senang berinabah (taubat) dan pemaaf, suka bersilaturahmi, dan masih banyak lagi cabang dari ketaatan itu. Jika akhlak sudah baik maka mustahil berbuat aniaya terhadap orang lain.

[Blogger Indonesia - Memilih Jodoh Menurut Islam]
Tag: Memilih Jodoh, Menurut Islam, laki-laki, perempuan, cowok, cewek, pria, wanita, suami, isteri

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls