Online

Senin, 19 November 2012

Tips dan Cara mengatasi haid tidak teratur


Ketika seorang gadis telah mencapai pubertas, banyak ovum (telur) mulai matang di dalam ovarium setiap bulan, akan tetapi hanya satu yang menjadi matang penuh. Dibawah pengaruh hormon estrogen dan progesteron, selaput lendir rahim (endometrium) menjadi tebal sebagai persiapan untuk tempat berkembangnya sel telur yang telah dibuahi sel sperma.

Tips : Cara mengatasi haid tidak teratur
Haid atau menstruasi merupakan peristiwa pendarahan secara periodik dan siklik (bulanan) dari rahim (uterus) disertai pelepasan selaput lendir rahim (endometrium). Setiap wanita sehat yang tidak sedang hamil dan tidak menopause akan mendapat haid. Wanita mendapat haid pertama (menarche) pada umur sekitar 11 - 15 tahun.

Bila ovum yang matang tersebut tidak dibuahi dalam perjalanan melalui tuba fallopian ke uterus maka ovum itu pecah dan mati dan tidak tertanam dalam endometrium, sebagai akibatnya selaput lendir rahim tersebut menjadi hancur dan sel-selnya mati, rahim/uterus berkontraksi dan melepaskan lapisan atas endometrium ke dalam serviks, dan selanjutnya dikeluarkan melalui vagina sebagai cairan merah bercampur selaput tipis yang disebut menstruasi atau haid.
Gangguan yang biasa dialami wanita tentang seputar haid diantaranya yaitu seperti haid terasa sakit, haid tidak teratur atau terlambat datang haid, darah haid terlalu banyak dan waktu haid terlalu lama.

Cara mengatasi haid yang tidak teratur ternyata muda sekali untuk mengatasinya, kadang kala bagi kita sangat risih sekali karana haid kita tidak lancar di karenakan aliran dara kita tidak lancar. Ini saya punya tips untuk para cewek. Tapi untuk cowok bisa saja bilang sama pasangannya bilang ada cara untuk mengatasi haid yang tidak lancar/ tersumbat, lihat di bawa ini tips mengatasi haid tidak teratur :

Mungkin ini Cara yang paling mudah dan terbuki...Ternyata, bagi perempuan yang rutin bercinta minimal seminggu sekali, ditemukan bahwa pola haidnya bisa menjadi lebih teratur. Pasalnya, saat Anda mencapai orgasme, darah akan memenuhi pembuluh darah di wilayah reproduksi. Rahim, indung telur, mulut, dan organ-organ kewanitaan lainnya secara tiba-tiba mendapat suplai oksigen. Jadi secara teratur mendapat asupan oksigen berkecukupan, maka aliran darah haid pun akan lancar. Anda pun akan terbebas dari derita haid setiap bulan.

Tak hanya itu, bercinta juga terbukti ajang pelepas stres yang manjur! Pasalnya, saat bercinta tubuh mengeluarkan endorphin ke dalam darah yang menimbulkan rasa gembira.

Atau dengan Cara alamiah lain yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan haid, yaitu :

A. Haid Terasa Nyeri (Dysmennorhea) :

30 gr temulawak + 25 gr kencur + 20 gr asam jawa + gula aren secukupnya, dicuci dan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum. Lakukan 2 kali sehari.

30 gram daun hia/baru china/sudamala segar atau 15 gram yang kering + 15 gram bunga mawar merah + 25 gram temu hitam, dicuci dan direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.
B. Haid Tidak Teratur/Terlambat Haid

90 gram daun lidah buaya (yang telah dikupas kulitnya dan dipotong-potong) + 15 gram bunga siantan/soka merah, + 30 gram kunyit, dicuci, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

30 gr daun dewa segar atau 15 gram yang kering + 10 gram umbi rumpu teki kering, dicuci direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.
C. Pendarahan Haid Berlebihan atau terlalu lama (Menorrhagia):

250 gram akar teratai, dicuci lalu dijus, tambahkan air secukupnya, dipanaskan hingga mendidih, lalu diminum hangat-hangat.

15 gram bunga jengger ayam segar + 30 gram bunga waru landak, dicuci, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.
Catatan : dalam melakukan perebusan gunakan panci enamel atau periuk tanah. Umbi rumput teki (Xiang fu), dan daun hia kering (Ai ye) dapat dibeli di toko obat Tionghoa.

Silahkan anda coba mana yang sesuai dengan selera anda semoga berhasil dan masalah anda terselesaikan. HIDUPLAH DENGAN SEHAT DAN BUGAR

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls