Online

Rabu, 12 Desember 2012

Alasan Otak Wanita Cepat Tua

nilah alasan kenapa otak wanita cepat tua, anda mau tau ? Wanita lebih rentan mengalami penurunan kemampuan otak dan lebih besar kemungkinannya terserang Alzheimer. Peneliti berhasil mengetahui apa yang melandasi kecenderungan ini, yaitu stres.

Pada wanita, stres membuat otak lebih cepat mengalami penuaan dibanding pada pria.
Untuk masalah usia, rata-rata wanita memiliki angka harapan hidup lebih tinggi di beberapa negara, artinya usia para wanita lebih panjang dibanding pria. Namun untuk masalah otak ternyata sebaliknya.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa bagian tubuh mengalami penuaan dengan proses dan waktu yang berbeda-beda pada setiap orang.

Ketika menua, beberapa gen lebih aktif sementara gen lainnya kurang begitu aktif. Perubahan aktifitas ini dapat dipantau lewat 'transkriptome', yaitu dengan cara mengumpulkan data dari semua RNA atau substansi yang membawa instruksi DNA pada sel.

Tim peneliti dari berbagai negara seperti Australia, Cina, Jerman, dan Amerika Serikat berkolaborasi untuk menganalisis transkriptome dari 55 orang pria dan wanita dalam berbagai usia. Dalam laporan yang dipublikasikan jurnal Aging Cell, para peneliti mengaku terkejut dengan apa yang mereka temukan.

Peneliti juga mengamati area otak yang disebut gyrus frontalis superior (SFG) yang terletak di korteks prefrontal.

Ternyata ditemukan perbedaan yang mencolok antara kedua jenis kelamin berkaitan dengan pertambahan usia. Perubahan ekspresi area otak yang berkaitan dengan penuaan pada wanita lebih cepat dibandingkan pada pria.

"Perubahan yang terjadi termasuk menurunnya produksi energi dan fungsi saraf, serta meningkatnya regulasi dan respons kekebalan tubuh. Hal ini merupakan ciri khas utama dari penuaan otak. Dengan kata lain, kami menemukan bahwa otak wanita mengalami penuaan lebih cepat daripada pria, terutama di bagian korteks prefrontal," kata peneliti seperti dilansir Medical Daily, Kamis (2/8/2012).

Temuan ini mengejutkan peneliti. Pasalnya, mereka awalnya menduga area otak tersebut akan lebih lambat mengalami penuaan atau bahkan terhambat prosesnya pada wanita.

Di area gyrus frontalis superior, peneliti menemukan terdapat perbedaan ekspresi 667 gen pada pria dan wanita selama proses penuaan. Sebanyak 98 persen di antaranya berkaitan dengan proses penuaan yang lebih cepat pada wanita.

Para ilmuwan tidak yakin jika penyebabnya dikarenakan perbedaan biologis. Alasannya, setengah dari perempuan menunjukkan proses penuaan yang makin dipercepat.

Oleh karena itu peneliti menuduh penyebabnya adalah faktor stres. Sementara itu, seorang peneliti yang tidak ikut dalam penelitian menuduh cepatnya penuaan otak pada wanita lebih disebabkan oleh peradangan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls