Online

Rabu, 12 Desember 2012

Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak sudah pasti bikin repot pemiliknya dan perlu cara atasi kulit wajah berminyak atau cara atasi wajah mengkilap. Banyak pemilik kulit wajah berminyak ingin mengatasi dengan cara instan baik dengan obat atau pencegahan alamiah. Tetapi dengan cara yang salah justru akan membuat kerusakan kulit wajah yang cantik.

Hal paling menyebalkan memiliki wajah berminyak adalah penampilan kulit yang menjadi mengkilap. Kalau sudah begitu, wajah tampak basah, kurang segar dan kotor. Apa cara terbaik untuk menghindari wajah agar penampilannya tidak mengkilap? Seperti dilansir Styleite, ini dia tipsnya. 

Kulit memproduksi minyak yang disebut sebum, yang membuat kulit tetap kenyal dan sehat. Sebum juga melindungi kulit dari bahaya lingkungan luar, seperti polusi, matahari dan AC. 

Sayangnya, jika memproduksi minyak wajah yang berlebih bisa berakibat pori-pori terbuka yang membuat wajah menjadi mengkilap dan berjerawat. Kendala lainnya memiliki wajah berminyak adalah make-up tidak bisa tahan lama, terutama cuaca panas. 

Sisi positifnya, wanita dengan jenis kulit tersebut dapat menunda kerutan. Meski minyak di wajah tidak bisa dihilangkan begitu saja, namun ada tipsnya untuk menyeimbangkan minyak kulit. 

1. Menjaga Kulit Tetap Lembab
Wajah yang sudah berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembab. Kulit akan semakin berminyak jika wajah kering. Pilihlah pelembab berbahan dasar air atau yang diformulasikan untuk mengontrol minyak. 

2. Jangan Mencuci Wajah Terlalu Sering
Agar wajah tetap kering, orang sering mencuci wajahnya terlalu sering. Mitos tersebut salah. Mencuci wajah berlebihan malah merangsang produksi sebum. Pilihlah pembersih wajah yang mengandung minyak untuk menghilangkan sebum berlebihan. 

3. Hindari Menggunakan Toner
Hindari menggunakan toner yang memiliki kadar alkohol tinggi. Kandungan tersebut memang bisa membuat kulit segar dan bebas minyak, tapi hanya dalam jangka waktu pendek. Kandungan alkohol yang tinggi dapat membuat masalah baru. Kulit bisa semakin berjerewat karena toner. 

Untuk menghindari penampilan wajah yang mengkilap, Anda bisa menggunakan make-up yang tepat. Menggunakan produk-produk riasan berlabel mineral dapat mencegah kulit dari jerawat ketika menggunakan make-up. 

Pertama-tama adalah menggunakan primer. Primer membuat foundation bisa menempel sempurna pada wajah, sehingga make-up akan awet seharian. Dasar make-up tersebut juga dapat menyerap minyak berlebih di wajah. 

Lalu pulaskan foundation terbaik Anda, untuk meratakan warna wajah. Terakhir, taburkan bedak bubuk yang berfungsi untuk menyerap minyak dan membuat bedak tahan lama.

Hindari produk make-up yang bertekstur creamy, seperti blush on dan eye shadow cream. Produk-produk tersebut dapat membuat kulit semakin terlihat mengkilap.

Berikut ada tips untuk menghadapi kulit berminyak:

Rajin bersihkan wajah
Setelah bepergian, biasakan untuk membersihkan wajah. Ini karena kulit berminyak gampang sekali membuat wajah tertimbun kotoran. Kalau memungkinkan, bersihkan wajah setidaknya tiga kali sehari.

Kelupaskan kulit
Kulit berminyak biasanya menutup pori sehingga pada akhirnya menghadirkan jerawat. Maka, disarankan untuk membersihkan pori dan mengelupaskan kulit mati. Caranya, dengan menggunakan masker atau scrub lembut.

Air dingin
Untuk membersihkan kulit, gunakan busa lembut. Jangan lupa untuk menggunakan air dingin setiap kali membersihkan wajah karena air ini akan menutup pori yang terbuka. Perhatikan makanan
Ini penting karena ada makanan yang baik untuk kulit dan ada juga yang bikin kulit makin berminyak. Sebaiknya hindari makanan yang berminyak dan pedas karena dapat meningkatkan panas tubuh sehingga kulit pun kian berminyak.

Banyak minum
Jangan lupa minum delapan gelas sehari. Ini akan membuat kulit lembab dan sehat.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls