Online

Rabu, 12 Desember 2012

Makanan Wajib Untuk Kesehatan Perokok

Mengetahui makanan menjaga kesehatan tubuh perokok wajib dilakukan jika ingin tetap sehat. KonsumsiVitamin C bagi Perokok agar selalu baik kondisi kesehatannya, karena setiap hari banyak racun yang masuk kedalam tubuh. Menghisap rokok sudah diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Sayangnya, memang tak mudah untuk dapat berhenti dari kebiasaan tersebut. Meski jalan terbaik adalah berhenti merokok, namun ada beberapa nutrisi yang setidaknya dapat mengurangi dampak racun rokok.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu memerangi penyakit-penyakit kronis pada perokok terutama pada paru-paru. Tapi tetap saja solusi terbaik sebenarnya adalah berhenti menghisap puntung tembakau tersebut.

Berikut beberapa makanan yang mengandung nutrisi penolong sementara bagi para perokok, seperti dilansir Livestrong :

1. Vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang biasanya hilang karena efek rokok. Antioksidan seperti vitamin C membantu menangkis radikal bebas yang merusak sel paru-paru sehat.

Menurut Linus Pauling Institute, perokok harus mengonsumsi tambahan vitamin C. Pria perokok harus mengonsumsi 125 mg vitamin C per hari, sedangkan perokok perempuan 110 mg setiap hari. Contoh makanan yang banyak mengandung vitamin C antara lain melon, jeruk, mangga, brokoli dan kale.

2. Omega-3
Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian dan cacat pada perokok. Makanan yang mengandung lemak omega-3 dapat mencegah pembentukan sel kanker di paru-paru, menurut sebuah laporan Agency for Healthcare Research and Quality.

Makanan yang banyak mengandung omega-3 antara lain ikan berminyak seperti ikan tuna, kedelai, minyak zaitun extra virgin, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Teh hijau
Teh hijau adalah minuman sehat kaya antioksidan jenis khusus yang disebut dengan polifenol. Menurut laporan Internal Medicine Reviews, perokok yang tidak mengonsumsi teh hijau memiliki lebih dari sepuluh kali lipat peningkatan dalam kanker paru-paru bila dibandingkan dengan yang minum setidaknya 1 cangkir teh hijau tiap hari.

4. Buah-buahan
Buah-buahan berwarna gelap seperti blueberry, raspberry dan jeruk kaya akan antioksidan. Mengonsumsi antioksidan pada buah-buahan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut Free Radical Research, blueberry memerangi aktivitas enzim yang dikenal sebagai enzim angiotensin-converting, yang menyebabkan kerusakan pembuluh jantung. Selain itu, blueberry mengurangi jumlah stres oksidatif dalam tubuh perokok. Stres oksidatif mempromosikan pembentukan sel kanker dan penyakit jantung.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls