Online

Minggu, 13 Januari 2013

7 Tips Dapur Untuk Para Pemula

Courtesy ShutterStock.com
Vemale.com - Sedang jatuh cinta dengan aktivitas dapur demi membuat si dia terkesan? Mari, Vemale akan membantu Anda untuk lebih powerful dan pandai bermain di dapur.
Ada tujuh tips dasar mengenal dapur untuk pemula, seperti berikut ini:
Memasak dengan tongs agar lebih mudah
Tahu kan apa itu tongs? itu lho alat penjepit yang biasanya dipakai untuk menjepit makanan padat atau kue. Nah, menggoreng adalah kegiatan dapur yang tidak begitu menyenangkan bagi sebagian pemula. Terkadang kesulitan membalik dan mengendalikan makanan yang sedang dimasak kerap ditemui. Mengatasi hal ini, memasaklah dengan menggunakan tongs. Menggoreng misalnya, akan lebih mudah dengan menggunakan tongs karena Anda dapat menguasai pergerakan menu yang digoreng tanpa takut terlalu gosong.
Simpan semuanya di dalam tupperware
Agar bahan-bahan masakan segar, cuci bersih kemudian simpan di dalam tupperware. Ini akan membantu Anda memberikan usia pakai lebih lama, terutama yang akan digunakan dalam waktu dekat (berlaku untuk sayuran dan buah-buahan).
Begitu juga dengan daging atau ikan, kesegarannya akan lebih lama jika disimpan di tupperware. Selain itu, aromanya juga tidak akan mengontaminasi bahan makanan lain di dalam kulkas.
Beli bumbu yang sudah dikeringkan
Untuk beberapa pertimbangan, pilih bumbu yang sudah dikeringkan agar usia pakainya lebih lama. Apalagi jika Anda tidak sering memasak. Dengan membeli bumbu kering, akan membantu Anda menghemat perbelanjaan.
Agar tidak terlalu masak
Nyalakan api kecil pada kompor setiap kali mengawali memasak. Selanjutnya Anda bisa mengontrol besar kecil api saat bahan-bahan sudah masuk ke dalam panci/wajan. Tujuannya adalah menghindari bahan makanan yang terlalu masak.
Jika masakan keasinan
Jika makanan terlalu asin, maka tambahkan sedikit air, masak beberapa detik, kemudian buang airnya.
Pisahkan talenan sesuai fungsinya
Pastikan Anda memiliki lebih dari satu talenan. Talenan mana yang dipergunakan untuk daging, untuk sayuran, dan untuk buah-buahan. Tujuannya agar aromanya tidak bercampur menjadi satu.
Memasak tanpa terkena percikan minyak
Menggoreng biasanya menimbulkan percikan minyak yang dapat melukai kulit. Agar terhindar dari percikan minyak, Anda bisa menutup wajan yang digunakan untuk menggoreng atau menggoreng dengan menggunakan panci.
Mengalami kegagalan dalam memasak? Jangan khawatir dan berkecil hati. Memasak adalah pembelajaran yang tidak pernah berhenti, Anda tidak akan serta merta menjadi ahli hanya dalam sekali dua kali belajar saja. Yuk memasak setiap hari dan jangan lupa intip Resep Makanan dan Kue yang bisa Anda praktekkan dari dapur Vemale.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls