Online

Minggu, 13 Januari 2013

Tips Bawang Putih Tidak Gosong

(c) 123rf
Vemale.com - Bawang putih adalah bahan penyedap utama yang harus ada di hampir semua masakan. Banyak orang tidak menyukai bawang putih dalam masakan dan menyingkirkannya ketika menikmati masakan tersebut. Namun mereka tidak tahu jika bawang putih ini adalah salah satu penentu kesedapan makanan yang dimasak.
Agar aroma bawang putih tidak terlalu tajam dan berbau 'mentah', biasanya bawang putih ditumis sebentar agar layu dan mengeluarkan aroma yang sedap. Namun bawang putih seringkali mudah gosong saat ditumis, padahal baru sejenak saja dimasukkan dalam minyak. Jika sudah gosong, bawang putih ini akan memengaruhi cita rasa masakan secara keseluruhan. Rasa pahit akan menular pada masakan sehingga merusak rasa yang sesungguhnya.
Agar tidak gosong, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan.
1. Ratakan minyak di penggorengan atau di wajan datar dengan cara memutar wajan agar minyak mengalir rata melapisi area penggorengan.
2. Gunakan api kecil untuk memanaskan wajan dan minyak.
3. Masukkan bawang putih saat minyak masih belum panas, dan biarkan hingga minyak panas.
4. Jangan mengaduk-aduk bawang putih saat minyak masih belum panas, karena bawang putih akan lengket pada permukaan wajan dan menjadi mudah gosong.
5. Begitu minyak sudah panas, tumis bawang putih seperti biasa hingga berbau harum dan nampak layu.
Dengan cara ini, bawang putih tidak mudah gosong karena minyak yang terbalur pada bawang putih membantu meratakan panas dan membuatnya tidak lengket di penggorengan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls