Online

Minggu, 13 Januari 2013

5 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas

Courtesy ShutterStock.com
Vemale.com - Menyimpan makanan di kulkas tidak boleh sembarangan. Jika salah menyimpan alhasil makanan akan mengontaminasi bahan lainnya, atau justru rusak.
Ketahui terlebih dahulu tips menyimpan makanan di dalam kulkas sehingga tetap layak digunakan dan semua bahan terjaga kualitasnya.
Tips 1:
Pastikan agar suhu freezer berkisar pada 5 derajat celcius. Pada suhu ini bahan makanan yang disimpan akan lebih awet karena mencegah penyebaran bakteri. Menyimpan daging di suhu ini akan membuatnya lebih awet dan usia pakainya lebih panjang.
Tips 2:
Bersihkan freezer secara rutin untuk menghindari aroma busuk dan bakteri jahat. Gunakan baking soda untuk membersihkan bagian yang bernoda.
Tips 3:
Rak di bawah freezer adalah rak terdingin kedua setelah freezer, sehingga bahan makanan yang cocok disimpan di rak ini adalah susu, ikan, dan bahan lain yang membutuhkan suhu dingin agar tidak mudah basi.
Tips 4:
Rak di bagian pintu adalah bagian kulkas yang paling hangat. Setiap dibuka, bagian tersebut akan menyentuh udara yang lebih hangat. Barang yang bisa disimpan di sini adalah: bumbu kering, minuman, telur, permen.
Tips 5:
Sayur dan buah-buahan memiliki kelembaban yang berbeda-beda. Lebih baik pisahkan antara sayuran dan buah-buahan, sehingga tidak mempengaruhi tingkat kematangan masing-masing.
Umumnya, buah mengeluarkan asam yang membuat sayur akan lebih matang. Jadi, agar sayur tidak lekas busuk, pisahkan sayur dari buah-buahan.
Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan kulkas setiap harinya. Cuci bersih bahan yang hendak dipakai sebelum disimpan di kulkas. Serta simpan di dalam tupperware bahan-bahan makanan yang mengeluarkan aroma tajam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls