Online

Sabtu, 12 Januari 2013

Tips Memasak Kare Ala Chef Denis




Seorang Chef asal Malaysia, Chef Matt mengungkapkan ada beberapa jenis bumbu kari yang biasa digunakan oleh masyarakat Malaysia.
Matt saat ditemui di Fabulous Food & Travel, Ketika Liburan dan Kuliner, Jakarta, Rabu, mengungkapkan untuk penggemar kari dengan rasa pedas, warga Malaysia biasanya menggunakan powder kari. Bubuk kari yang mereka gunakan biasanya digunakan untuk memasak daging sapi, kambing atau ayam.
"Kalau kari powder biasanya untuk daging dan rasanya pedas," katanya.
Matt menyebutkan, untuk penikmat kari namun tidak menyukai rasa pedas bisa mencoba Kari Kurma. Kari berwarna coklat ini masih memiliki bumbu kari dasar, hanya saja tidak pedas.
"Tapi kari ini tidak menggunakan date (kurma)," katanya.
Sedangkan kari untuk olahan ikan atau hasil laut bisa menggunakan seafood kari.
Menurutnya, ada beberapa tambahan bumbu dalam kari ini yang berguna untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan hasil laut.
"Kalau suka seafood, bisa pakai seafood kari," katanya.
Menurutnya, variasi kari serta kuliner Malaysia yang beragam, merupakan pengaruh dari berbagai suku yang ada di Malaysia.
Sedangkan, khusus untuk kari dan makanan dengan citarasa kuat karena pengaruh dari suku India. "Variasinya pengaruh dari macam-macam suku seperti India, Cina, dan Melayu," katanya.
Matt juga mengatakan bahwa, ada beberapa bumbu yang wajib digunakan dalam setiap masakan Malaysia. Dia menyebutkan seperti kayumanis, cengkeh, bunga lawang, dan buah plage (di Indonesia seperti kapulaga).
"Bumbu tersebut biasanya banyak digunakan dalam masakan Malaysia," katanya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls