Online

Sabtu, 19 Januari 2013

Manfaat Sehat Bawang Putih, Mulai Telinga Hingga Jantung

Anda pasti sudah biasa melihat bawang putih dan memasukkannya dalam berbagai masakan. Walaupun aroma bawang putih sangat menyengat dan kadang bikin pusing, si kecil berwarna putih ini bisa membuat rasa masakan makin lezat.
Selain itu, bawang putih memiliki manfaat hebat untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh, termasuk menjaga kesehatan jantung. Inilah beberapa manfaat bawang putih dilansir Boldsky:
Mengeluarkan Racun Tubuh
Tubuh kita seringkali kemasukan racun yang tidak kita sadari. Walaupun jumlahnya kecil, tetapi jika menumpuk, itu akan berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi jus bawang putih dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui pori-pori kulit.
Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat yang satu ini sudah sering kita dengar, bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung, terutama mereka yang memiliki masalah jantung. Kandungan sulfida yang ada dalam bawang putih menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular.
Baik Untuk Penderita Diabetes
Bagi Anda yang menderita diabetes, mengonsumsi beberapa siung bawang putih dapat meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah.
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Bawang putih mengandung allicin, senyawa tersebut merupakan senyawa anti-jamur yang dapat melindungi tubuh dari infeksi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Baik Untuk Kesehatan Telinga
Dua hingga tiga tetes minyak bawang putih hangat dapat membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi dan radang telinga.
Menjaga Kesehatan Kulit
Mengonsumsi bawang putih juga memiliki manfaat mengeluarkan racun tubuh, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan kulit menjadi lebih sehat.
Menghindari Sembelit
Bawang putih juga dapat meningkatkan sistem pencernaan. Mengonsumsi bawang putih setelah makan dengan cara dipotong kecil-kecil dan langsung ditelan dapat menghindari masalah sembelit. Terutama jika Anda sering mengonsumsi daging dan makanan berlemak.
Mengatasi Flu Dan Mengeluarkan Dahak
Semangkuk sup yang dimasak dengan bawang putih cincang dapat membantu mengatasi flu dan mengencerkan lendir. Selain sup hangat dapat menenangkan tubuh, bawang putih dapat mengencerkan saluran pernapasan akibat flu.
Membantu Proses Penyembuhan Patah Tulang
Minyak bawang putih dapat diusapkan pada kulit di atas bagian tulang yang retak. Pijatan lembut itu dapat membantu penyembuhan tulang yang retak atau patah.
Mengobati Jerawat
Seperti yang sudah dibahas dalam Mengobati Jerawat dan Makin Cantik Dengan Bawang Putih, Bawang putih dapat mengempeskan jerawat. Caranya, tumbuk bawang putih hingga halus lalu oleskan pada jerawat. Diamkan 10 menit lalu bilas. Akan lebih baik jika Anda lakukan pada malam hari. Jika jerawat belum begitu besar, maka jerawat akan mengempes keesokan paginya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls