Online

Sabtu, 19 Januari 2013

Tidur Dalam Kegelapan Bukan Menakutkan, Tetapi Menyehatkan

Setelah seharian lelah bekerja, paling enak memang tidur di kasur dan bantal yang empuk sambil berselimut. Beberapa orang bisa tidur tanpa menggunakan lampu. Namun banyak juga yang tidak bisa tidur tanpa lampu dengan beberapa alasan seperti takut atau tidak suka gelap. Untuk Anda yang sering bekerja berat, juga yang mencari cara untuk menghilangkan insomnia, mungkin hal ini bisa menjadi alternatif tidur yang baik. 
Apakah Anda belum bisa membiasakan diri tidur dalam kondisi lampu dimatikan? Sebaiknya Anda membiasakan kebiasaan tidur seperti ini, Ladies. Ternyata tidur dalam kondisi gelap, dapat membuat kita lebih sehat. Hal ini didukung kuat oleh pendapat ahli Biologi, Joan Robert.
Menurutnya, ketika kita tidur dalam kondisi gelap, tubuh memproduksi hormon melatonin. Hormon melatonin adalah salah satu hormon yang menunjang kekebalan tubuh. Berkat hormon ini. kita dapat terhindar dari penyakit yang parah sekalipun, seperti kanker payudara dan kanker prostat.
Para ilmuwan Inggris juga meneliti hal yang sama. Mereka menganalisis bahwa ketika lampu dinyalakan, tubuh memicu ekspresi berlebihan dari sel yang berhubungan dengan pembentukan kanker. Rupanya, cahaya lampu saat tidur dapat menjadi salah satu pemicu penyakit kanker. Orang yang tidur menggunakan lampu lebih rentan pada resiko penyakit kanker dibanding yang tidak. Hal ini disampaikan dalam konferensi tentang pasien leukimia.
Sebenarnya dalam dunia muslim, tidur dengan mematikan lampu memang sudah dianjurkan. Dalam HR.Muttafaq'alaih, disebutkan mengenai anjuran mematikan lampu sebelum tidur, mengunci pintu, menutup tempat air dan makanan. Nah, sepertinya resep tidur sehat dengan mematikan lampu ini telah menjadi warisan berabad-abad lalu.
Jangan takut tidur tanpa menyalakan lampu, karena menyehatkan bagi Anda. Selain itu tidur juga lebih lelap dan bangun bisa lebih segar. Bila Anda masih sulit tidur coba cari posisi tidur yang nyaman dan menyehatkan untuk Anda. Semoga bermanfaat, Ladies. 

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls