Online

Sabtu, 19 Januari 2013

Tertawa Terbahak-Bahak Bikin Sehat dan Awet Muda

Anda pasti sudah sering mendengar kalimat "Tertawa itu bikin sehat,". Memang benar, tertawa adalah salah satu media untuk merilekskan tubuh dan pikiran, sehingga aliran darah lebih sehat dan Anda jauh dari stres (stres adalah penyebab terselubung berbagai penyakit mematikan). Tapi.. ada banyak jenis tawa, tertawa bagaimana yang sehat dan bagaimana caranya?
Wanita biasanya dilarang tertawa keras-keras karena dianggap tidak sopan. Tapi Anda boleh tertawa lepas saat sedang menonton film lucu atau bercanda dengan teman-teman. Jika Anda sering tertawa lepas, sampai perut Anda terasa bergoncang bahkan menangis, maka itulah tawa yang sehat. Sebuah penelitian dari Edinburgh Fringe Festival, dilansir Newsmaxhealthmenuliskan bahwa relawan yang menonton tayangan komedi hingga terbahak-bahak lebih bisa menahan rasa sakit dibandingkan relawan yang menonton tayangan non komedi.
Hasil penelitian mencatat dua jenis tawa yang berbeda. Yang pertama adalah tawa santai, tawa ini biasanya dipakai saat seseorang berhadapan dengan orang lain yang dihormati atau berada dalam situasi formal, sehingga tawa yang dihasilkan adalah tawa sopan yang sungkan. Sedangkan tawa kedua adalah tawa perut atau tawa terbahak-bahak, inilah tawa yang sehat. Tenaga yang keluar saat tertawa terbahak-bahak akan memicu hormon endorfin atau hormon kebahagiaan.
Saat Anda bahagia, maka tubuh Anda juga bahagia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang senang tertawa terbahak-bahak memiliki tubuh yang lebih sehat, sistem pernapasan yang baik, kesehatan jantung lebih prima dan awet muda. Jadi jangan sungkan tertawa lepas di tempat yang tepat. Sulit tertawa, pancing saja dengan film komedi.
Selamat tertawa ;)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls